Ini Nih, Namanya Passport Electronic Pakai Microchip

Pencetakan passport electronic pertama di China telah dimulai Jumat (26/11) lalu di Shanghai, ditandai dengan adanya produksi passport resmi yang di dalamnya mengandung informasi pengguna dalam microchip.Adopsi passport electronic ini terinspirasi dari trend internasional, menurut Huang Ping, director Department of Consular Affairs of China’s Foreign Ministry. Ping menambahkan, passport resmi tersebut juga digunakan untuk service passport dan passport untuk perjalanan pemerintah untuk urusan negara dan mereka yang bekerja di perusahaan milik negara.

Passport electronic China tersebut memiliki fitur sebuah chip penyimpanan data yang dapat menyimpan data personal termasuk nama, nama keluarga, kode numerik personal, validitas dokumen, data tubuh dan kewarganegaraan. Passport electronic tersebut hampir sama seperti non-electronic, namun memiliki enkripsi digital dan teknologi pencetakan, juga didesain untuk mencegah pemalsuan passport.

Shanghai Banknote Printing Co, Ltd. dan Shanghai Mite Speciality & Precision Printing Co, Ltd. yang telah memenangkan kontrak untuk mencetak passport electronic yang sah. Dua perusahaan tersebut juga akan mencetak passport electronic pribadi di ke depannya, namun Ping tidak berkomentar lebih banyak.


Tips Memasang Widgets Di Sidebar

Tips Memasang Widgets Di Sidebar

http://www.ahmadfarisi.wordpress.com

Memasang widgets di sidebar atau kolomsisi di blog manapun adalah sangat penting. Blog tanpa sidebar ibarat langit tak berbintang, terasa hampa. Sidebar selain untuk memperindah tampilan blog, adalah mempunyai kegunaan yang besar. Kita bisa manambah asesoris sesuai yang kita butuhkan. Contoh asesoris yang ada di blog saya antara lain: kalender, komentar terakhir, tulisan yang tersedia dll. Untuk memulai memasang widgets di sidebar blog Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1- Login terlebih dahulu, sekali lagi loginnya pake username dan password Anda sendiri ya, jangan pake username orang lain. 🙂 )

2- Klik Appearance

3- Kemudian klik menu widgets yang ada di bawahnya

4- setelah muncul tampilan, pilih widget yang ingin anda pasang di sidebar dengan meng-klik add/tambahkan. Kolom sebelah kiri adalah widgets yang tersedia, dan yang ada di sebelah kanan adalah widgets yang siap muncul di sidebar.

5- Widgets yang telah dipilih bisa disusun peletakannya sesuai selera Anda, caranya dengan men-gklik + tahan dan menariknya

6- Jangan lupa untuk mengakhirinya, klik save change/simpan perubahan. Untuk melihat hasilnya silahkan klik kunjungi situs.


Cara Membuat Read More Di WordPress


Sebagimana saya katakana dari awal, bahwa membuat blog itu mudah. Tidak serumit yang kita bayangkan sebelumnya. Begitu juga membuat read more atau baca lanjut atau selebihnya atau read the rest of this entry di blog wordpress. Berbeda dengan di blogspot atau blogger dot com, membuat read more di wordpress jauh lebih mudah. Saya kira kalian sudah bisa semua, tapi bagi yang memang benar-benar pemula dan masih merasa bingung, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Seperti biasa, login dulu di blog Anda dengan username dan password Anda sendiri.
2. Setelah login, klik post/tulisan, kemudian klik edit untuk memberi read more pada tulisan yang sudah Anda postkan, atau klik add new untuk memberi read more pada tulisan baru yang akan Anda postkan.
3. Sesudah tulisan siap, arahkan krusor diantara tulisan yang ingin Anda munculkan dan tulisan yang ingin Anda sembunyikan. (tulisan yang akan dimunculkan berada di atas atau sebelah kiri krusor)
4. Di bawah kotak judul sebelah kanan ada menu Visual dan HTML, kalau Anda memilih di menu Visual, maka klik deretan kotak yang ada di bawahnya, letaknya ada pada deretan ke empat dari sebelah kanan. Dan apabila Anda memilih menu HTML, maka klik saja tulisan more yang ada pada deretan tersebut, selesai.

Continue reading


Tips & Trik Upload Gambar untuk Postingan (Lagi)


Masih seputar gambar yang untuk dimasukkan di postingan nih, untuk WordPress versi terbaru sih udah ngga sesulit dulu untuk mengatur gambar dipostingan, kode-nya sudah manut tinggal klik Align Left aja sudah rata kiri dan fungsi upload gambar juga sudah fleksibel, bisa pakai Flash Uploader (biasa untuk yg yakin koneksinya lumayan) dan Browser Uploader (untuk yg ngrasa bakal lemot koneksinya)  🙂

Untuk versi 3.0 keatas, editing gambar sudah bisa dilakukan dari sini aja, seperti resize gambar kalau kegedean/kekecilan, mengatur berapa persen gambar untuk thumbnail etc.

Tips-tips berikut sebagian ada yang bisa untuk blog di WordPress.com, jadi kalau ngga menemukan fitur yg aku sebutkan di bawah ini berarti NGGA SUPPORT DI blog WordPress.com yaaa :D

sambil praktek yuu .. biar ma’srep diotak hehe

1. Untuk otomatisasi ukuran default gambar yang sesuai keinginanmu atau sesuai sama theme yg digunakan, coba cek dulu ke menu Settings >> Media , disana ada setelan ukuran untuk Thumbnail dan Image yg akan tampil di postingan single. Jadi kalau upload gambar dan langsung aja di publish, setingan ukuran defaultnya akan sesuai yg ada di media settings tadi.

PS : Ukuran thumbnail untuk homepage theme-theme Magazine style, sekitar 80x80px atau 100x100px

2. Pilihan untuk seting ukuran lainnya ada saat gambar sudah diupload, nanti ada setingan begini di halaman popup itu

1. Link Url :  Gambar bisa ditautkan ngelink ke lokasi gambar itu sendiri atau ke postingan, biasanya sih tautan ke lokasi gambar aja kecuali untuk kondisi tertentu yg pengen gambar kalo diklik nantinya akan terbuka postingan single (biasa untuk Image Gallery/Foto Gallery atau Related Posts).

2. Alignment : Mengatur rata kiri-kanan langsung saat gambar masuk ke postingan, jadi ngga usah seting2 kayak dulu lagi.

3. Size : Memilih ukuran gambar yang akan tampil di postingan, dengan memilih ke ukuran kecil ngga akan memotong gambar aslinya jadi kecil juga, ini cuma untuk tampilan aja nanti.

4. Use as Featured Image : Biasa digunakan untuk memilih salah satu gambar menjadi gambar utama jika didalam postingan ada banyak gambar, dan jika themenya menampilkan thumbnail dihomepage maka gambar pilihan tsb yg akan muncul.

3. Kalau ternyata gambar yang kita upload tadi besar sekali atau terlalu kecil, kita bisa edit dibagian edit image, tombolnya ada di bawah gambar (masih dihalaman popup).

Keterangan lainnya :

1. Aspect Ratio : WordPress akan mengira-ngira juga aspect ratio yang pas untuk size yg diinginkan, misalnya lebar minta 600, tingginya akan menyesuaikan tapi ngga jauh2 sama ukuran tinggi yg kita mau .. jadi kita ngga usah buka Image Editor program lagi untuk resize gambar .. pinter ya WordPress :D

2. Nah uniknya dibagian ini, disini kita bisa atur gambar jadi terbalik keatas/kebawah atau menghadap kanan/ kiri beda dengan gambar aslinya. Tanda panah melengkung itu untuk fungsi Undo/Redo atau mengembalikan ke posisi sebelumnya.

3. Apply Changes To : bisa diseting untuk semua ukuran gambar, termasuk Thumbnailnya juga terbalik apa beda ukuran atau cuma gambar utama aja.

4. Scale Image, Kalau di opsi Apsect Ratio kita bisa atur ratio perbandingan panjang x lebarnya, di opsi ini kita bisa memperbesar atau mengecilkan ukuran gambar aslinya, kalau gambar kegedean apa kekecilan, bisa di set lagi dibagian ini, tapi kalau gambar kecil digedein ya kira-kira lah yaw :D soalnya nanti bisa jadi kabur banget kalau dipaksa gede hehe .. setelah di save nama gambar akan berbeda dengan aslinya (ada tambahan angka2 gitu dibelakang).

abis seting2 disini jangan lupa di SAVE ya

4. Fleksibelitas selanjutnya, yaitu edit tampilan gambar hanya dengan memilih persetase ukuran kira2 yg pas untuk postingan, cukup klik gambar yg dimaksud, nanti ada pilihan tombol untuk edit image dan pilih persentase yang diinginkan lebih kecil atau lebih besar, kalau pilihan % yg lebih besar dari 100% ngga ada, berarti Gambar yg diupload seudah dibatas ukuran terbesarnya.

Jangan lupa klik “Update” button setelah melakukan setingan ini.

5. Masih di popup yang sama, ada setingan Advanced nih, bisa diutak-atik biar tambah sip ;)

Styles & Image properties : disini bisa seting jarak margin gambar dari atas (vertical space) dan dari samping kiri/kanan (Horizontal space) kalau kemepetan sama tembok .. eh .. batas pinggirnya deh :D

Border bisa ditambahin kalau gambar mau dikasih lis, kalau ngga mau set ke nol aja angkanya, model border/garis juga bisa di jadikan “dashed” yaitu yg garis putus-putus untuk mengganti tulisan “solid” disitu, sedangkan warna bisa kasih “red”, “green” menggantikan tulisan “black” disitu

setingan ini cuma untuk gambar yg lagi diutak atik aja, dan ngga ngaruh kesemua setingan gambar yang ada di blog.

Segitu dulu ya soal upload gambarnya, panas-panas gini ngantuk banget mana puasa lagi .. hahay :D


Rekomendasi Plugin-Plugin


Cliffhanger at home
Image by Stéfan via Flickr

Untuk pengguna WordPress Stand alone aja nih :)

Banyak yg tanya tentang sebaiknya pakai plugin apa aja, terutama untuk blog baru. Yaah, banyak banget sih ya plugin yang tersedia, sampai ribuan, dan penggunaannya disesuaikan sama fungsi yang kita mau di blog kita. Sedikit tips milih plugin :

  1. Sudah ada di WP Plugin Repository, kenapa ? karena plugin-plugin yang masuk dihalaman ini sudah di tes dan terdaftar di WordPress.org, dalam arti berfungsi untuk versi WordPress saat ini, kecuali disitu nanti ada tulisan “Not supported anymore” atau situs asli authornya sudah ngga bisa diakses, kalau kayak gini mungkin Plugin masih bisa bekerja tapi untuk error-error nantinya susah nanyanya.
  2. Untuk plugin bagus tapi belum ada di WP Plugin Repository , seperti yang aku suka pakai yaitu Simple Ads Injection (yang buat masukin kode iklan atau banner ditengah-tengah postingan), biasanya karena plugin masih baru dan belum didaftarkan di WordPress.org, untuk yang ini pasti kan situs authornya masih aktif dan ngga ditinggalkan sama authornya, lihat di komentar-komentar terbaru, dijawab ngga sama si author.
  3. Kalau untuk satu fungsi ada banyak pilihan plugin, lihat score bintangnya, semakin banyak bintangnya berarti semakin banyak yang sudah ngetes dan work.
  4. Pilih salah satu aja untuk Plugin dengan fungsi sama atau hampir sama, contoh All in One SEO jangan aktif kalau Platinum SEO aktif juga.
  5. Hapus plugin-plugin yang tidak terpakai, jangan hanya di deaktifkan saja, bukan apa-apa, tapi menuh-menuhin space hostingan :D dan nanti penuh notifikasi upgrade versi baru .. bikin bingung aja

Plugin-plugin yang biasa aku pakai seperti ini, urutannya nunjukkin yang paling penting buat aku .. fungsi lebih lanjut insya Allah aku uraikan di postingan sendiri-sendiri yaa :)

1. Platinum SEO dan SEO Ultimate, Platinum SEO favoritku dari dulu, tapi sejak SEO Ultimate lebih lengkap sekarang lebih sering pakai ini. Fungsinya untuk pengaturan SEO di blog, seting meta keyword, deskripsi, etc., bagi yang masih bingung soal SEO on page atau ngga mau ribet edit theme sendiri, ikuti petunjuk dan opsi2 di menu SEO Ultimate.

2. Google XML Sitemap, jangan pernah ngga pakai :) kenapa ? karena untuk blog baru tanpa plugin sejenis ini jadi susaaaah banget keindex di Search Engine terutama Google, dengan plugin ini begitu kita isi-isi artikel, pluginnya sudah langsung bikin sitemap yang ngelaporin adanya konten baru diblog kita, jadi tau beres, tinggal seting dikit di menu options aja.

3. Simple Tags, banyak plugin sejenis tapi aku lebih suka pakai Simple Tags dan Cyber Tags (yg ini plugin pribadi sih, ga dipublish hehe).  Simple Tags bisa langsung mengambil keyword dari konten yang dipublish dan dibikin sebagai tags, selain itu Simple Tags punya kemampuan untuk autolink Tags yang tercipta di postingan dan memberi internal linking ke halaman lain di blog kita, formatnya “namablog.com/tags/nama-tagnya”. Dengan ini kita sudah dapet internal linking automatis kan.

 

4. Search Terms Tagging 2 (STT2), author dari Simple Ads Injection plugin juga, plugin ini powerful banget dan harus ada, fungsinya untuk mendeteksi keyword-keyword apa atau search terms apa yang dateng ke blog kita dari Search Engine. Tersedia widget juga untuk ditaruh disidebar yang nanti keywordnya ngelink ke postingan tujuan, dengan ini nambah lagi optimasi internal linking kita.

Kalau pada nanya kenapa kita perlu ngerti Search Terms yang dateng ke blog kita, yaa sesuai 13 Autoblogging Blunders report (bisa didownload gratis nih, mayan buat baca-baca), kita ngga bisa saklek sama pendapat kita kalo blog kita tuh harus sesuai sama Niche yang kita pengen, biarkan Search Engine mendeteksi di keyword apa blog kita dapet rangking, jadi kita bisa optimasi keyword tersebut untuk memanfaatkan trafik yang datang selain mengoptimasi keyword utama yang kita inginkan, imo :)

5. Internal Link Building atau SEO Smart Links , fungsinya sama sih dua-duanya, yaitu buat ngelink keyword di dalam postingan ke postingan yg lain atau URL lain, automatisnya disini kita bisa seting keywordnya di menu option plugin tsb. dan nantinya semua keyword itu yg ada di blog otomatis nge-link ke URL tujuan yg kita seting, jd ga harus satu2 bikin linknya. Internal Link Builder ga ada di Plugin Repository dan harus daftarkan email dulu di situs author untuk dapat link donlotnya.

6. Sitemap Generator, ada banyak pilihan juga, yg sering aku pakai punyanya Dagon Design. Ini sitemap buat pengunjung manusia, bukan kayak Google XML sitemap tadi yang khusus buat Spyder dan Bots. Dengan DD sitemap generator, kita cuma kasih kode <!– ddsitemapgen –> aja di New Page (panel HTML-nya) langsung dia bikinkan sitemap urutan postingan di blog, oya seting dulu di menu DDsitemapgen-nya ya.

7. W3 Total Cache atau WP Super Cache, fungsinya supaya situs ngga berat nge-loadnya, terutama yg sudah banyak postingan dan gambar, biar pengunjung ngga males nunggu halaman terbuka dan juga meringankan resources di server hostingan kita, untuk blog baru sih belum penting banget.

8. Cb Ping Optimizer, ada beberapa pilihan juga, Cb Ping Optimizer mirip punyanya Maxblogpress.com cuma ngga perlu daftar-daftar lagi, fungsinya untuk membatasi fitur ping yang ada di WordPress, karena biasanya kalau kita edit-edit postingan itu dan di save update, akan nge-ping lagi ke situs-situs ping service, padahal kalau kebanyakan ngeping blog kita bakal dicap spammer dan bisa kena warning sama situs-situs tersebut.

9. Indexing Tool, Fungsinya untuk mengetahui dan mempercepat indexing postingan kita, plugin ini bisa mendeteksi apakah link-link postingan kita sudah terindex apa belum melalui RSS Feednya. Sayangnya plugin ini ngga gratis :D tapi jangan kuatir deh ah .. plugin ini sudah aku sertakan di daftar bagi-bagi plugin gratis, isi formnya untuk dapetin link downloadnya, bagi yang sudah pernah submit silahkan cek lagi link download yang aku beri kemarin, dibagian bawahnya sudah ada 2 plugin baru, ok ;)

10. Rank Tracker Tool, plugin ini bisa mendeteksi di keyword apa posisi blog kita dapet ranking di Google (ada pilihan Google.com, .ca, .co.uk, .com.au, .ie) beserta link tujuannya. Jadi kita bisa manfaatkan keyword ini atau postingan yang mengandung keyword ini untuk lebih monetizing atau .. apa lah, thinking outside the box yah ;) . Pluginnya ngga gratis juga hehe .. tapiiii udah ada di list seperti yg aku bilang di point 9.

 

PS : oya, ada Plugin yg suka aku pakai juga kalau mau instal banyak plugin sekaligus, selain upload dari FTP, yaitu Plugin Central. Dengan Plugin ini kita bisa masukan url download plugin yg ada di WordPress Repository (contoh :http://wordpress.org/extend/plugins/chennai-central/) banyak sekaligus dan Plugin Central langsung download dan aktifkan jadi kita ngga usah search satu2 asal tau aja link ke halaman plugin tsb. bisa juga cuma kasih nama Pluginnya aja, tapi biasanya sih ngga ketemu sama plugin central ini, ok ;)

—> to be continue deh .. daripada jadi draft .. hehe .. lanjut nanti lagi ya, biar ga bingung juga kan :D


Berita Hardware Terbaru.

Berita Hardware Terbaru.

Harddisk 2 TB

Jakarta – Western Digital mulai mendistribusikan hardisk terbarunya di Indonesia. WD Caviar Black kini mencapai kapasitas 2 terabyte.

Bersamaan dengan itu, Western Digital juga mengumumkan varian WD RE4 Four-platter 2TB yang diperuntukkan bagi server. Demikian keterangan tertulis yang diterima detikINET, Sabtu (6/2/2010).

WD Caviar Black merupakan varian hardisk yang populer di kalangan pengguna desktop yang membutuhkan kinerja tinggi, termasuk bagi para gamer.Jim Morris, Senior VP dan General Manager, WD client storage systems, mengatakan WD Caviar Black 2TB ini juga cocok bagi penyuntingan foto, multimedia dan video. WD Caviar Black 2TB dan WD RE4 2TB memiliki dual prosesor, dual aktuator dan beberapa teknologi terdepan lain seperti Intelliseek, StableTrac dan NoTouch ramp load.

Di Indonesia, kedua hardisk itu didistribusikan melalui Atikom, Sistech Kharisma serta WPG Indonesia. Harga WD Caviar Black 2TB berada di kisaran harga USD 330 (kurang lebih Rp 3 juta).


Pemrograman

Pemrograman
Tutorial pemrograman komputer.
Pertemuan 2
Pada pertemuan ini dibahas tentang penggunan perintah Print pada visual basic.Perintah print dapat dipakai untuk menampilkan string dan angka atau variable.Jika ingin menampilkan string maka dapat dengan printah  print dengan quote dengan sebelumnya di iringi dengan perintah form.show.Namun sebelum itu kita harus tahu apa itu form dan kegunaannya.

  1. A. FORM

Form adalah tempat untuk menempatkan kontrol atau objek, form ini nantinya akan menjadi latar belakang sebuah aplikasi. Sebagai sebuah objek form ini juga memiliki properti, tetode serta event, sama seperti objek-objek atau kontrol-kontrol yang lain.

1) Menambahkan Form

Langka-langkah sbb:

a).    Pilih menu Project> Add Form, atau klik tombol Add Form pada Toolbar.

b).    kemudian klik tombol open setelah memilih form pada jendela Add Form.

 

2) Menghapus Form

Langka-langkah sbb:

a).    Pilih jendela form yang ingin dihapus atau dibuang dari proyek.

b).    Pilih menu Project> Remove namaform

c).    Atau klik kanan pada form yang terdapat pada jendela project explorer, kemudian pilih Remove namafile pada pop-up menu.

 

Read more…
Pertemuan 3
Pada pertemuan ini membahas tentang penggunaan Pengulangan dengan menggunakan do while, perubahan properties di vb dengan coding/code tanpa mengubahnya di menu properties dan penggunaan tool yang ada pada toolbox .

  • Do While

Melakukan pengulangan terus menerus selama (while) suatu kondisi memenuhi syarat atau bernilai True. Dan akan berhenti jika kondisi bernilai False.

Syntaxnya sbb :

 

Do While ( kondisi )

…….Ekspresi…………

Loop

 

Contoh Praktek-nya : ( Deret Fibonacci)

FORM 1

Codingnya :

Private Sub Form_Load( )

Form1.Show

a = 1: b = 1: bil = 2: t = 2

Print a; b;

f = a + b

Do While (f <= 100)

Print f;

a = b: b = f

f = a + b

bil = bil + 1: t = t + f

Loop

Print “”

Print “Jumlah Bilangan”; bil

Print “Total Bilangan:”; t

End Sub

Dalam program ini dia akan looping hanya jika f bernilai lebih dari 100 dimana f merupakan bilangan fibonacci.

Mengubah value properties melalui coding/code